Pengertian Data Security dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Pengertian Data Security dan Manfaatnya untuk Perusahaan

 

Sejalan dengan berkembangannya kegiatan di dunia digital termasuk untuk kepentingan bisnis dan perusahaan, rasanya sangat perlu bagi kita untuk paham mengenai pengertian dari data security. Jika dijelaskan secara sederhana Data Security adalah sistem keamanan yang dibuat untuk melindungi data yang berada di dalam sistem, jaringan, dan komponen digital lainnya. Dalam pembahasan kali ini FOURTREZZ akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian Data Security dan Manfaatnya untuk Perusahaan

 

Baca Juga: Kapan Sebuah Perusahaan Harus Melakukan Pentest ?

 

Pengertian Data Security

Data Security adalah kegiatan untuk melindungi data dan informasi digital dari berbagai akses ilegal, penyalahgunaan, atau pencurian di seluruh jaringan dan sistem yang digunakan. Aspek keamanan yang meliputi Data Security atau keamanan data adalah keamanan fisik perangkat keras dan perangkat penyimpanan hingga kontrol administratif dan akses, serta keamanan logis aplikasi perangkat lunak, kebijakan, dan prosedur organisasi. Data Security yang diterapkan dengan benar dan memiliki strategi yang baik dapat berguna untuk melindungi aset data dan informasi bisnis dari aktivitas kejahatan cyber, ancaman orang dalam hingga human error. Hal tersebut membuat Data Security menjadi wajib diterapkan oleh setiap bisnis atau perusahaan untuk melindungi data, baik untuk kepentingan bisnis maupun konsumen.

 

Jenis-jenis Data Security yang dapat diterapkan

ada beberapa jenis keamanan data yang dapat terapkan untuk melindungi data dan informasi sensitif milik bisnis anda. Berikut ini adalah beberapa jenis keamanan data yang dapat diterapkan.

 

  1. Enkripsi (Encryption)

Enkripsi adalah proses mengacak data sehingga data hanya dapat dipahami oleh orang-orang tertentu saja. Secara teknis, enkripsi berarti proses mengubah plaintext–teks yang bisa dipahami manusia, menjadi ciphertext yang tidak bisa dipahami.

 

  1. Kontrol Akses (Access Control)

Kontrol Akses adalah tindakan data security yang bekerja dengan cara membatasi akses fisik maupun digital ke dalam sebuah sistem, jaringan atau data penting. pada umumnya penerapan kontrol akses ini dengan memastikan perangkat dan komputer dilindungi dengan mandatory login entry, dan ruangan data (fisik) hanya dapat dimasuki oleh karyawan yang berwenang.

 

  1. Autentikasi (Authentication)

Mirip dengan kontrol akses, Autentikasi adalah sebuah proses validasi atau pembuktian identitas terhadap pengguna yang ingin mengakses suatu file, aplikasi, atau sistem tertentu.

 

  1. Pencadangan dan Pemulihan (Backup and Recovery)

Backup and Recovery adalah jenis data security yang wajib dilakukan setiap bisnis dan perusahaan. Hal ini berguna karena apabila terjadi kegagalan sistem, bencana, kerusakan data atau kebocoran data, anda masih dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan secara normal.

 

  1. Penghapusan Data (Data Erasure)

Penghapusan Data yang sudah tidak terpakai harus dilakukan secara benar dan berkala.

Data erasure adalah jenis keamanan data yang menggunakan perangkat lunak untuk melakukan overwrite data pada perangkat penyimpanan agar tidak dapat dipulihkan kembali. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebocoran dan penyalahgunaan data.

 

  1. Penyamaran Data (Data Masking)

Penyamaran Data dapat berguna untuk menutupi informasi sensitif secara efektif, bahkan jika pihak ilegal memperoleh akses ke data tersebut.

 

  1. Ketahanan Data (Data Resiliency)

Data resiliency sangat berguna supaya data dan informasi dapat bertahan walaupun terjadi kegagalan seperti pemadaman listrik atau bencana alam.

 

Baca juga : Jenis-jenis Penetration Testing: Black Box, White Box, dan Gray Box

 

Manfaat Menerapkan Data Security untuk Perusahaan

setelah membaca penjelasan diatas dapat kita simpulkan penerapan data security bermanfaat untuk melindungi data baik data perusahaan maupun konsumen. selain itu ada berbagai macam manfaat lain yang didapatkan perusahaan jika menerapkan data security, berikut adalah manfaat penerapan data security bagi perusahaan :

 

  1. Melindungi Data

Manfaat utama yang didapatkan ketika menerapkan data security adalah data dan informasi penting milik perusahaan maupun konsumen, dapat terlindungi dari serangan siber dan kejahatan sejenisnya.

 

  1. Menjaga Produktivitas Perusahaan

penerapan data security yang baik dan benar dapat menghindarkan perusahaan dari serangan siber yang dapat mengganggu aktivitas operasional perusahaan.

 

  1. Mencegah Serangan Siber

Banyak sekali serangan siber yang dapat terjadi, seperti spyware, adware, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan data security yang baik dan benar, segala macam serangan siber dapat dicegah. Sekalipun serangan siber sudah terjadi, perusahaan dapat menghadapinya dengan baik dan tidak akan mengganggu aktivitas operasional perusahaan.

 

Dapatkan info lebih lanjut mengenai Pengertian Data Security dan manfaatnya untuk perusahaan dan berbagai layanan dari FOURTREZZ dengan mengunjungi website kami di www.fourtrez.co.id

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz

Amankan Bisnis Anda Setahun Penuh!

Pastikan keamanan bisnis Anda di dunia digital dengan paket pentest tahunan Fourtrezz. Dapatkan penawaran spesial sekarang juga!

Basic

  • 2 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

Premium

  • 3 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

Pro

  • 5 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

*Harga belum termasuk pajak

Artikel Teratas
Berita Teratas