Telegram Tidak Seaman yang dibayangkan! Kritik Bos WhatsApp

Ilustrasi berita

Telegram Tidak Seaman yang dibayangkan! Kritik Bos WhatsApp

 

Perang kritik diantara WhatsApp dengan pesaingnya Telegram memang telah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi hal biasa bagi kalangan netizen mendengarnya. Seperti pada akhir-akhir ini mulai terdengar lagi lontaran kritik dari Bos WhatsApp, Will Cathcart yang mengkritik bahwa Telegram tidak jauh lebih aman dari whatsApp tapi malah sebaliknya melalui akun Twitter miliknya. Hal ini mengenai implementasi implementasi enkripsi end-to-end (E2EE) Telegram. Cathcart mengutip sebuah artikel dari Wired dan kritiknya pada penerapan enkripsi end-to-end (E2EE) Telegram, yang menunjukkan bahwa itu tidak diverifikasi secara independen, dan terdapat beberapa kekurangan lain seperti E2EE tidak diaktifkan secara default dan tidak tersedia untuk obrolan grup.

 

 

Baca Juga : Keakuratan Label Keamanan Google Play Diragukan! Sebagian Besar Data Privasi Konsumen Belum Terlindungi

 

Kritikan lain juga muncul mengenai API Telegram yang dituding dapat membahayakan penggunanya. Dituliskan Telegram telah membangun API lain yang tujuannya untuk melakukan pengawasan massal dengan mengakses konten pengguna. Selain itu Cathcart juga mempertanyakan kembali tentang klaim Telegram yang mengaku tidak pernah menyerahkan data penggunanya ke pemerintahan. Namun, berdasarkan laporan pemberitaan aktivitas tersebut terjadi.

Meski sebelum kritik ini muncul pihak dari Telegram juga sudah kerap kali menyerang WhatsApp melalui kritik-kritik serupa dan secara terang-terangan. Sehingga kritikan dari WhatsApp ini juga dianggap sebagai bagian cari cara persaingan antara WhatsApp dengan Telegram. Namun diluar dari itu terkait enkripsi end-to-end memang perlu adanya penjelasan lebih lanjut dari pihak Telegram terkait hal tersebut.

 

Baca Juga : Hacker Gunakan Malware PureCrypter untuk Serang Lembaga Pemerintahan

Entah sampai kapan perang diantara dua platform ini berakhir. Kedua pihak tersebut tentu saja akan terus mengklaim bahwa layanan mereka lebih unggul dibanding yang lain. Untuk tahu lebih terkait keseluruhan kritik dari Bos WhatsApp terkait Telegram Anda dapat menyelesaikan keseluruhan cerita melalui Twitter Cathcart. Tapi untuk Anda yang masih merasa aman menggunakan Telegram artikel Wired berjudul “The Kremlin Has Entered the Chat” patut untuk Anda baca. Ini bukan berarti WhatsApp lebih unggul dibandingkan Telegram. Tapi masing-masing platform memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu terus dievaluasi dan perlu peningkatan untuk menjamin keamanan data penggunanya.

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas