Hati-Hati! Charging HP Sembarangan di Tempat Umum Bisa Berbahaya

Ilustrasi berita

Hati-Hati! Charging HP Sembarangan di Tempat Umum Bisa Berbahaya

 

Bisa menemukan stasiun pengisian daya ponsel umum di bandara atau tempat transit saat baterai perangkat hampir habis pasti jadi hal yang sangat diinginkan. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengisi daya ponsel di tempat umum, terutama tempat yang menggunakan outlet USB untuk pengisian dayanya.

Mengutip dari DetikNET, FBI baru-baru ini memperingatkan kepada para pemilik perangkat elektronik agar tidak sembarangan menggunakan stasiun pengisian daya di tempat umum. Ini karena peretas dapat membajak tempat charging publik untuk menambahkan malware yang dapat menginfeksi ponsel, tablet, dan laptop Anda.

 

 

Baca Juga : Pentingnya Melakukan Penetration Testing dan Vulnerability Assessment Secara Berkala

 

“Hindari menggunakan stasiun pengisian gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan,” kata FBI Denver di akun Twitter mereka. “Aktor jahat telah menemukan cara untuk menggunakan port USB publik untuk menyuntikkan malware dan spyware ke perangkat.”

Metode ini dikenal sebagai “juice jacking” di mana peretas memodifikasi port USB dan memasang kode berbahaya untuk membaca dan mencuri data dari perangkat seluler seperti ponsel atau tablet. Malware yang disuntikan juga dapat melacak lokasi pengguna.

Secara umum, metode ini akan beresiko terjadi saat pengguna ponsel menggunakan kabel USB yang telah disediakan di stasiun pengisian daya. Tetapi, beberapa peretas juga dapat meretas port USB tradisional. Dimana untuk pengguna yang menggunakan kabel mereka sendiri masih bisa berpotensi terinfeksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengisi daya ponsel melalui USB di tempat umum. FBI juga menyarankan pengguna ponsel, tablet, dan laptop untuk membawa kabel dan pengisi daya sendiri serta menggunakan stop kontak yang dibawa sendiri untuk mengisi daya. Jika tidak, Anda juga dapat menggunakan powerbank.

Selain itu FBI juga memperingatkan pengguna untuk tidak menggunakan Wi-Fi gratis di tempat umum untuk melakukan transaksi sensitif, membuka aplikasi dengan data sensitif didalamnya, membuka dokumen penting, menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun online, dan mengklik tautan mencurigakan di pesan teks dan email dari sumber yang tidak dikenal sebelumnya.

 

Baca Juga : Memahami Kerentanan pada API: Jenis Kerentanan dan Rekomendasinya

 

Dalam era digital yang semakin canggih dan terhubung, keamanan perangkat elektronik kita menjadi semakin penting. Terlebih lagi, saat ini banyak pengguna yang mengisi daya ponsel di tempat umum tanpa memperhatikan potensi risiko keamanan yang dapat terjadi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu waspada dan hati-hati saat mengisi daya ponsel di tempat umum. Seperti yang disarankan oleh FBI, membawa kabel dan pengisi daya sendiri serta menggunakan stopkontak yang dibawa sendiri atau powerbank dapat menjadi alternatif yang lebih aman. Menggunakan koneksi Wi-Fi yang tidak aman dan tindakan tidak hati-hati lainnya juga dapat membuka celah bagi peretas untuk mengambil data sensitif kita. Mari kita semua meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan perangkat elektronik kita dan selalu mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi diri kita dari ancaman cyber.

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas