Awas Malware baru di Play Store Incar Kerentanan Pengguna Android

Ilustrasi berita

Awas Malware baru di Play Store Incar Kerentanan Pengguna Android

 

Peneliti keamanan siber telah menemukan malware jenis baru yang menyebar di Google Play Store. Malware baru ini bernama Fleckpe yang telah diunduh lebih dari 620.000 kali sejak 2022.

Peneliti keamanan siber, Kaspersky menemukan sebanyak 11 aplikasi Android yang berhasil terinfeksi malware Fleckpe di Play Store. Kabarnya malware tersebut menyamar sebagai kamera, photo editor dan wallpaper, yang sekilas terlihat nyata. Setelah dilakukan penelitian terhadapnya, malware Fleckpe sendiri tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan spyware atau trojan yang menargetkan bank online. Tetapi malware ini juga dapat menyebabkan kerugian serius, karena dapat mendaftarkan pengguna ke layanan premium tanpa izin mereka.

 

 

Baca Juga : Kerentanan Baru Plugin WordPress Ditemukan, Pengguna Dihimbau Waspada Serangan Siber!

 

Modusnya mirip dengan program jahat Joker dan Harly yang sudah beredar di Play Store sebelumnya. Menurut Kaspersky, malware Fleckpe telah aktif sejak tahun lalu, namun pertama kali ditemukan dan didokumentasikan.

Dilansir dari DetikNet, Kaspersky menemukan bahwa operasi ini terutama menargetkan pengguna Android di Thailand, tetapi data telemetri yang dikumpulkan juga mengungkap korban malware Fleckpe, yang menyebar ke Polandia, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Dan daftar 11 aplikasi yang mendistribusikan malware Fleckpe adalah sebagai berikut:

  • Beauty Camera Plus (com.beauty.camera.plus.photoeditor)
  • Beauty Photo Camera (com.apps.camera.photos)
  • Beauty Slimming Photo Editor (com.beauty.slimming.pro)
  • Fingertip Graffiti (com.draw.graffiti)
  • GIF Camera Editor (com.gif.camera.editor)
  • HD 4K Wallpaper (com.hd.h4ks.wallpaper)
  • Impressionism Pro Camera (com.impressionism.prozs.app)
  • Microclip Video Editor (com.microclip.vodeoeditor)
  • Night Mode Camera Pro (com.urox.opixe.nightcamreapro)
  • Photo Camera Editor (com.toolbox.photoeditor)
  • Photo Effect Editor (com.picture.pictureframe)

 

Dari laporan, Kaspersky mengungkapkan bahwa dari 11 aplikasi diatas telah dihapus dari Play Store. Pengguna Android yang telah terlanjur mengunduh salah satu dari 11 aplikasi dianjurkan untuk segera menghapusnya dan memindai perangkat mereka untuk mencari kode berbahaya yang tersembunyi dengan program antivirus. Untuk melindungi perangkat dan data mereka dari ancaman malware semacam itu, pengguna Android disarankan untuk mengunduh aplikasi hanya dari sumber resmi dan terpercaya serta memperhatikan izin yang diperlukan selama penginstalan. 

 

Baca Juga : Hacker Pakai Nama ChatGPT untuk Sebarkan Malware di Facebook

 

Pada akhirnya, keamanan siber selalu menjadi perhatian utama bagi pengguna perangkat digital. Dengan berkembangnya teknologi, perlu adanya kewaspadaan dan kehati-hatian dalam menggunakan aplikasi yang diunduh dari internet. Seperti yang terjadi dengan malware Fleckpe, meskipun tidak terlalu berbahaya, tetapi masih dapat mengakibatkan kerugian yang serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan izin yang diperlukan selama penginstalan aplikasi, mengunduh hanya dari sumber resmi dan terpercaya, serta menggunakan program antivirus untuk memastikan keamanan perangkat kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu untuk menjaga keamanan perangkat kita dari ancaman malware yang semakin banyak dan berkembang pesat.

 

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas