WhatsApp Error Setelah Terima Pesan WA Me Settings, Ini Cara Memperbaikinya

Ilustrasi berita

WhatsApp Error Setelah Terima Pesan WA Me Settings, Ini Cara Memperbaikinya

 

Pengguna WhatsApp versi Android diperingatkan tentang bug yang dapat menyebabkan aplikasi Error. Format chat berupa link banyak disalahgunakan dan bisa menyebabkan aplikasi WhatsApp crash, mati, dan bahkan mencuri data pribadi.

 

 

Baca Juga : Muncul Hacker Baru Mengaku Berhasil Curi 10 TB Data Pemerintahan Indonesia

 

Terakhir terdapat bug baru ditemukan di WhatsApp yang dapat menyebabkan aplikasi mogok saat pengguna menerima pesan obrolan yang berisi teks “wa.me/settings” (tidak untuk diklik). Bug tampaknya mempengaruhi semua versi WhatsApp untuk Android, tetapi tidak memengaruhi versi aplikasi iOS.

Saat pengguna menerima pesan chat yang berisi teks “wa.me/settings”, WhatsApp akan langsung crash dan menutup dengan sendirinya. Pengguna kemudian tidak akan dapat membuka kembali WhatsApp sampai mereka menghapus pesan obrolan.

Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber Vaksin.com, membenarkan bahwa tautan tersebut merupakan bug atau kerentanan pada aplikasi WhatsApp versi Android.

“Iya. Setiap kali wa.me/setttings loading crash dan text chat baik personal maupun grup tidak bisa dibuka,” Seperti yang dikutip pada pesan singkat  Alfons saat dihubungi CNBC Indonesia, Selasa(30/5/2023). Ia juga menjelaskan, wa.me merupakan situs pemendek link Whatsapp dan sebelumnya digunakan sebagai link untuk membuka aplikasi melalui browser.

Pihak WhatsApp sendiri telah mengetahui bug tersebut dan sedang bekerja untuk memperbaikinya. Untuk sementara, pengguna dapat menghindari bug tersebut dengan tidak mengirim atau menerima pesan chat yang berisi teks “wa.me/settings”.

 

Baca Juga : Ekstensi VSCode Berbahaya, Bisa Curi Informasi Kredensial Sampai Akses Perangkat Jarak Jauh 

 

Cara Memperbaiki Bug Pengaturan WA Me

Jika Anda telah menerima pesan obrolan yang berisi teks “wa.me/settings”, Anda dapat memperbaiki bug tersebut dengan menghapus pesan obrolan tersebut. Untuk melakukan ini, buka pesan obrolan dan ketuk tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian, pilih “Bersihkan Chat”.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari bug Pengaturan WA Me:

  • Jangan mengirim atau menerima pesan chat yang berisi teks “wa.me/settings”.
  • Selalu perbarui aplikasi WhatsApp Anda. WhatsApp biasanya akan merilis perbaikan untuk setiap bug yang diketahui sesegera mungkin.
  • Apabila telah mengalami error pada aplikasi, dapat menghapus pesan melalui WhatsApp Web yang terhubung.
  • Jika Anda mengalami bug WA Me Setting, Anda dapat mencoba memulai ulang ponsel atau mencopot dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Namun, solusi ini mungkin tidak berfungsi di semua kasus.

Dalam situasi yang mengkhawatirkan ini, pengguna WhatsApp versi Android diingatkan untuk waspada terhadap bug yang dapat mengganggu pengalaman penggunaan aplikasi tersebut. Bug tersebut terkait dengan pengaturan “wa.me/settings” yang dapat menyebabkan WhatsApp crash dan bahkan mencuri data pribadi. Tautan ini seharusnya tidak diakses atau di klik, karena dapat memicu gangguan serius pada aplikasi. Alfons Tanujaya, seorang pakar keamanan siber, mengonfirmasi adanya bug ini dan mengungkapkan bahwa WhatsApp sedang berusaha memperbaikinya. Meskipun demikian, para pengguna dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dengan tidak mengirim atau menerima pesan chat yang mengandung teks “wa.me/settings”. Selain itu, melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp secara teratur juga penting untuk mengatasi bug yang diketahui. Jika Anda mengalami masalah dengan bug Pengaturan WA Me, ada beberapa tindakan yang dapat Anda coba, seperti menghapus pesan melalui WhatsApp Web atau mencoba memulai ulang ponsel atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa solusi ini mungkin tidak efektif dalam semua situasi. Menghadapi bug ini, kesadaran dan kehati-hatian merupakan kunci untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penggunaan WhatsApp.

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas