Ancaman Cyber Security yang Harus Diwaspadai Tahun 2023

Ancaman Cyber Security yang Harus Diwaspadai Tahun 2023

 

Dari tahun ketahun kejahatan di dunia maya semakin meningkat jumlahnya,tahun ini apakah departemen IT perusahaan anda sudah siap ?

 

 

Baca Juga : Pengertian Penetration Testing dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

 

Menjelang tahun 2023, keamanan cyber masih sangat mengkhawatirkan, dapat dilihatdari paruh pertama tahun 2022 sudah terjadi 2,8 miliar serangan malware di seluruh dunia dan 236,1 juta serangan ransomware. Diperkirakan pada akhir tahun 2022 akan terjadi 6 miliar serangan phishing yang diluncurkan.

 

Baca Juga : Apa Peran Penting Perusahaan Cyber Security Indonesia

 

Pada ulasan kali ini Fourtrezz akan mengulas mengenai apa saja ancaman cyber securityyang kemungkinan akan terjadi pada tahun 2023.

8 Ancaman cyber security tahun 2023

 

  1. Malware

Seperti yang sudah pernah Fourtrezz ulas sebelumnya pada artikel “Pengertian Malware dan cara mengatasinya”. Malicious Software atau Malware adalah Istilah untuk menggambarkan berbagai perangkat lunak berbahaya yang dibuat untuk tujuan jahat. Malware dapat merusak, mengganggu atau mengeksploitasi perangkat, sistem bahkan jaringan hingga menimbulkan banyak kerugian. Penggunaan Software keamanan dan firewall sangat membantu untuk mencegah malware masuk ke jaringan dan sistem keamanan. Hal tersebut membuat pembaruan keamanan perangkat lunak dan firewall menjadi sangat penting.

 

  1. Ransomware

Pengertian sederhana dari Ransomware adalah serangan malware yang dikirim seseorang untuk mengunci dan mengenkripsi perangkat komputer, dengan begitu peretas bisa meminta uang tebusan untuk mengembalikan aksesnya.

Sepanjang tahun 2022, terjadi peningkatan serangan ransomware sebesar 33% dari pada tahun 2021. Dalam beberapa kasus, perusahaan menyetujui untuk membayar uang tebusan untuk mendapatkan kembali data atau sistem mereka. serangan ransomware biasanya terjadi karena keamanan jaringan perusahaan yang lemah. Satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyewa jasa cyber security untuk melakukan audit terhadap keamanan jaringan perusahaan untuk mengetahui kelemahan dari sistem jaringan yang perusahaan anda miliki.

 

Baca juga : Pengertian Ransomware dan Cara Mengatasinya

 

  1. Phishing

Istilah phising berasal dari kata fishing dari bahasa inggris yang artinya memancing. Sederhananya phising merupakan kegiatan untuk memancing korban agar mereka melakukan permintaan pengirim, umumnya memberikan data pribadi. Pelaku email phishing tidak hanya berpura-pura sebagai institusi resmi saja, mereka juga kerap kali membangun sebuah website yang sangat mirip dengan aslinya.

 

Baca juga : Bahaya Email Phising dan Cara Menghindarinya

 

  1. IoT

IoT adalah teknologi yang memungkinkan satu objek untuk mampu berkirim data lewat koneksi tanpa bantuan komputer dan manusia. Pada tahun 2022 banyak sekali perusahaan yang menggunakanan IoT. Dengan semakin meningkatkannya penggunaan IoT, maka resiko keamanan juga meningkat.

 

  1. Karyawan Internal

pada tahun 2023, social engineering audits harus terus ditingkatkan untuk memeriksa kekuatan kebijakan dan praktik keamanan tenaga kerja agar tidak terjadi sabotase atau pemanfaatan kekayaan intelektual milik perusahaan yang dapat dilakukan karyawan internal.

 

  1. Data Poisoning

Studi yang dilakukan IBM pada tahun 2022 mendapatkan bahwa 35% perusahaan menggunakan AI (artificial intelligence) dalam bisnis mereka sedangkan 42% lainnya mengeksplorasinya. Kecerdasan buatan akan memberikan pengalaman baru bagi

perusahaan di berbagai industri. sayangnya hal ini dibarengi dengan ancaman kejahatan cyber dibelakangnya. Kasus Data poisoning dalam sistem AI sudah mulai bermunculan. dalam beberapa kasus pelaku kejahatan cyber memasukkan data yang rusak ke dalam sistem AI yang akan mengganggu hasil kerja AI yang akan menimbulkan kerugian pada perusahaannya.

Data poisoning adalah serangan baru ke dalam sistem perusahaan. Salah satu cara untuk melindunginya adalah dengan terus memantau hasil AI Anda. Jika Anda tiba-tiba melihat sebuah sistem yang trennya jauh dari apa yang telah diungkapkan di masa lalu, inilah saatnya untuk melihat integritas data.

 

  1. Teknologi Baru

Sebuah perusahaan yang mengadopsi teknologi baru akan memberikan manfaat yang sangat besar, akan tetapi juga dapat menimbulkan resiko keamanan baru karena pengalaman pengguna yang terbatas. salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan lebih berhati-hati memeriksa setiap teknologi baru dan penyedia jasanya sebelum melakukan perjanjian pembelian.

 

  1. Keamanan Berlapis

Jika perusahaan anda sudah memasang firewall, menggunakan software pemantau keamanan dan pencegahannya, memberikan pengamanan pada server, menerapkan multi identifikasi kepada karyawan dan menerapkan enkripsi data, tapi anda lupa mengunci fasilitas fisik yang berisi server atau ponsel cerdas yang berisi pembaruan keamanan, apakah perusahaan anda sudah aman ? Hal tersebut membuat perlu membuat keamanan berlapis dan daftar periksa untuk setiap titik pelanggaran keamanan agar perusahaan anda tetap aman.

Dapatkan info lebih lanjut mengenai Ancaman cyber security yang harus diwaspadai tahun 2023 dan berbagai layanan dari FOURTREZZ dengan mengunjungi website kami di www.fourtrez.co.id

 

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz

Amankan Bisnis Anda Setahun Penuh!

Pastikan keamanan bisnis Anda di dunia digital dengan paket pentest tahunan Fourtrezz. Dapatkan penawaran spesial sekarang juga!

Basic

  • 2 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

Premium

  • 3 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

Pro

  • 5 Target (Web, Mobile, & Desktop Apps)
  • Pendampingan saat Bug Fixing
  • 2x Re-Testing/App
  • Metode Gray Box atau Black Box
  • Report Komprehensif
  • Garda Siber Dashboard dan Vulnerability Scanner Tools

*Harga belum termasuk pajak

Artikel Teratas
Berita Teratas