Ancaman Hacker China Makin Tak Tertandingi, FBI Ngaku Kewalahan!

Ilustrasi berita

Ancaman Hacker China Makin Tak Tertandingi, FBI Ngaku Kewalahan!

 

Direktur FBI Christopher Wray, menyoroti ancaman yang timbul dari hacker China yang semakin tak tertandingi dalam sidang Komite Alokasi DPR.

Melansir dari TheRecord-Media, Direktur Wray meminta uang tambahan kepada anggota parlemen untuk memerangi ancaman dunia maya dalam anggaran tahun depan, dengan alasan tercatat bahwa biro tersebut menghadapi ketidakseimbangan yang mencolok terhadap China pada khususnya. Saat itu dia juga memperingatkan bahwa para peretas berpotensi untuk menimbulkan lebih banyak kerusakan dibanding sebelumnya.

 

 

Baca Juga : Salah Install ChatGPT dan Zoom, Hati-Hati Bisa Terinfeksi Malware Bumblebee!

 

“Untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang kami hadapi, jika masing-masing agen siber FBI dan analis intel berfokus secara eksklusif pada ancaman China, jumlah peretas China masih akan melebihi jumlah personel Cyber FBI setidaknya 50 banding 1,” katanya dalam sambutan sidang subkomite House Appropriations.

Selain itu kepala biro juga menambahkan mengenai peringatan terhadap serangan dunia maya yang dilakukan oleh negara asing lainnya, termasuk Rusia, Iran, dan Korea Utara, tetapi peretas China menimbulkan bahaya tertinggi bagi privasi dan keamanan perusahaan AS. Dalam sidang tersebut FBI telah meminta tambahan dana untuk menambah anggotanya terutama di posisi siber untuk memperkuat pertahanan di dunia maya.

Rencananya untuk tahun fiskal 2024, FBI ingin menambah 192 posisi untuk memerangi ancaman dunia maya, “termasuk 31 Agen Khusus, 8 Analis Intelijen, dan 153 Staf Profesional,” menurut ringkasan dari biro tersebut. Posisi tersebut akan menjadi bagian dari peningkatan anggaran $63,4 juta “untuk meningkatkan kemampuan berbagi informasi dunia maya dan meningkatkan alat dan kapasitas dunia maya”. Selain itu Biro juga menginginkan tambahan anggaran sebesar $27,2 juta, sudah termasuk empat posisi baru untuk melindungi jaringan internal FBI.

 

Baca Juga : Hati-Hati! 60 Aplikasi Android Berikut Mengandung Malware Ganas Bisa Rusak Perangkat

 

Dalam ringkasan permintaan anggarannya, FBI menggembar-gemborkan kerjasamanya dengan mitra internasional dalam menjatuhkan Genesis Market awal bulan ini dan geng ransomware Hive pada bulan Januari.

“Secara total, kami mengambil lebih dari 1.000 tindakan terhadap musuh dunia maya pada tahun 2022, termasuk penangkapan, tuntutan pidana, hukuman, pembongkaran, dan gangguan, dan memungkinkan lebih banyak tindakan melalui kemitraan khusus kami dengan sektor swasta, mitra asing, dan dengan Federal, negara bagian, dan entitas lokal, ”kata ringkasan itu.

 

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas