Jepang Mencetak Rekor Baru Kecepatan Internet, Tembus Hingga 402 Tbps

Ilustrasi berita

Jepang sekali lagi menunjukkan kepemimpinannya dalam teknologi dengan mencatat rekor baru untuk kecepatan internet, mencapai 402 terabit per detik (Tbps). Prestasi ini dicapai oleh tim peneliti dari Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Jepang (NICT), yang berhasil memecahkan rekor dunia sebelumnya dengan peningkatan signifikan dalam kecepatan transmisi data.

Sebelumnya, rekor dunia untuk kecepatan internet berkisar di angka 321 Tbps pada Oktober 2023 lalu, serta 226 Tbps pada Maret 2022 lalu. Secara teoritis, kecepatan internet 402 Tbps tadi memungkinkan pengguna mengunduh (download) file dengan ukuran 50 terabyte (TB) per detik alias 50 TB/s.

Tim NICT menggunakan teknologi serat optik canggih dengan desain multi-core dan teknik amplifikasi sinyal yang inovatif untuk mencapai kecepatan ini. Teknologi ini memungkinkan transmisi data yang jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan teknologi serat optik konvensional.

 

Baca Juga: Ada Ancaman Ransomware, Pengguna PC Windows Disarankan Untuk Segera Update Sebelum Tanggal 4 Juli

 

Dr. Masataka Nakazawa, kepala tim peneliti NICT, menyatakan, “Ini adalah pencapaian luar biasa yang menunjukkan kemampuan Jepang dalam memimpin perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kami bangga dapat membuka jalan bagi aplikasi-aplikasi masa depan yang akan memanfaatkan kecepatan internet ultra-tinggi ini.”

Meskipun rekor ini mengesankan, tantangan dalam mengkomersialkan teknologi ini masih ada, termasuk biaya produksi dan integrasi dengan infrastruktur yang ada. Tim NICT berencana untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan teknologi ini, dengan harapan dapat membawa kecepatan internet super cepat ini ke pasar konsumen dalam beberapa tahun mendatang.

Dampak dan Manfaat Potensial:

  • Koneksi internet yang jauh lebih cepat untuk berbagai aktivitas, seperti streaming video, game online, dan transfer data besar.
  • Kemungkinan munculnya layanan dan aplikasi baru yang membutuhkan bandwidth tinggi.
  • Peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai sektor, seperti industri, pendidikan, dan kesehatan.
  • Pendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing Jepang di kancah global.

Rekor baru kecepatan internet Jepang merupakan pencapaian luar biasa yang menunjukkan komitmen negara ini untuk terus berinovasi dan memimpin dalam teknologi. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, potensi manfaat dari teknologi ini sangatlah besar. Diharapkan pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi negara lain untuk terus mengembangkan infrastruktur internet mereka dan memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat.

Andhika R.

Andhika R.

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas