Pengertian Cyber Crime, Bagaimana Cara Menghindari dan Mencegahnya ?

Pengertian Cyber Crime, Bagaimana Cara Menghindari dan Mencegahnya ?

 

Seiring dengan makin berkembangannya kegiatan di dunia digital, mengetahui apa itu cyber crime menjadi hal yang penting agar bisa terhindar dari ancamannya. Belakangan ini, kasus cyber crime memang sedang gencar-gencarnya terjadi di berbagai belahan dunia.

Pada kesempatan kali ini fourtrezz akan memberikan ulasan mengenai pengertian cyber crime dan bagaimana cara menghindari dan mencegahnya ?

 

Baca Juga : Pengertian Firewall, Fungsi Serta Manfaatnya untuk Keamanan Bisnis Anda

 

 

Pengertian Cyber Crime

Cyber crime adalah jenis kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan komputer atau jaringan cyber crime atau sering disebut dengan kejahatan cyber biasanya menjadikan komputer sebagai senjata utama, namun komputer juga merupakan salah satu sasaran utama dari kejahatan ini untuk dapat mencuri data pribadi hingga keuangan. kenapa cyber crime sangat berbahaya ?

Pada kasus cyber crime pencurian data yang bersifat pribadi dan rahasia seringkali disebarluaskan ke publik atau bahkan dijual kepada pihak-pihak yang menginginkannya. Lalu apa saja yang termasuk dalam cyber crime ?

 

  1. Akses Ilegal

Akses Ilegal adalah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku dengan memaksa masuk ke dalam akun korban dengan akses yang ilegal dan tanpa seizin korban. pada kasus ini beberapa pelaku terkadang tidak menyadari bahwa yang dilakukan termasuk tindakan cyber crime.

Kerugian yang ditimbulkan karena akses ilegal bisa saja setelah pelaku masuk ke akun korban pelaku lalu menyamar menjadi korban dan menipu orang lain dengan cara meminjam uang. Selain itu, informasi pribadi dari pemilik akun juga bisa tersebar luas ke khalayak umum.

 

  1. Phishing

Phising adalah tindakan cyber crime dengan cara melakukan penipuan yang bertujuan untuk mencuri akun dari korban. pada umumnya pelaku phising menggunakan email atau pesan di dunia maya seperti pesan Facebook, Instagram, twitter, dan lain sebagainya untuk menjebak korbannya.

Selain penjelasan diatas kegiatan phising juga dapat diartikan sebagai upaya memperoleh informasi mengenai data pribadi dengan menggunakan teknik penipuan. data yang dicuri bisa berupa nama, umur, alamat, dan informasi akun tertentu atau bahkan data serta informasi keuangan.

 

  1. Penipuan OTP

On Time Password atau sering disingkat OTP adalah kode elektronik yang bersifat rahasia yang dikirimkan khusus kepada pemilik sebuah akun. Selain untuk menjaga keamanan sebuah akun biasanya transaksi keuangan secara online mengharuskan seseorang memasukkan kode OTP untuk memastikan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh pengguna aslinya.

Modus penipuan OTP ini biasanya dilakukan dengan cara pelaku akan berpura-pura menjadi pihak dari suatu aplikasi dimana transaksi tersebut dilakukan agar korban dapat mempercayainya dan memberikan kode OTP kepada pelaku.

 

  1. Kejahatan Konten Ilegal

Mungkin sebagian dari pembaca sudah sering mendengar apa itu berita hoax karena belakang di indonesia kasus ini juga sedang marak terjadi. penjelasan dari kejahatan konten ilegal sendiri merupakan konten yang berisi data dan/atau informasi yang dianggap tidak benar, tidak etis, dan mengganggu ketertiban umum bahkan melanggar hukum. Nah, kejahatan konten ilegal ini adalah ketika pelaku membagikan konten tersebut ke khalayak umum.

 

  1. Cyber Terrorism

Cyber terrorism, atau terorisme siber, merupakan salah satu jenis cyber crime yang merugikan negara, bahkan mengancam keselamatan warga negara dan pemangku kepentingan yang mengatur jalannya pemerintahan.

 

Baca juga : Cara Mengatasi Ransomware: Pengertian, Cara Kerja, dan Solusi

 

Selain Penjelasan diatas Cyber Crime Juga Dapat Mengancam Bisnis dan Perusahaan, Antara Lain :

 

  1. Pencurian data perusahaan yang merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan karena bisa berupa inovasi produk, strategi bisnis, hingga laporan-laporan penting lainnya yang bisa disalahgunakan.

 

  1. Pencurian Data Pegawai yang bisa disalahgunakan untuk merusak nama baik perusahaan.

hal ini juga dapat berdampak sangat buruk dan dapat mempengaruhi kinerja pegawai.

 

  1. Pencurian Data Konsumen yang sangat sakral dan tidak boleh sampai tersebar luas.

Jika sampai data dari konsumen ini dicuri dan disebarluaskan, hal tersebut jelas akan sangat merusak nama baik perusahaan.

 

Setelah mengetahui sederet fakta mengenai ancaman dari cyber crime, lalu Bagaimana Cara Mengatasi Cyber Crime?

 

Ada Beberapa Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengatasi Cyber Crime, Antara Lain:

  1. Memasang Perlindungan pada Perangkat: Anda dapat memasang perangkat lunak keamanan seperti antivirus dan firewall pada perangkat Anda untuk melindungi dari serangan cyber. Pastikan untuk terus memperbarui perangkat lunak keamanan ini agar dapat melindungi Anda dari ancaman terbaru.

 

  1. Memasang SSL pada Website Perusahaan: SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol yang digunakan untuk mengamankan koneksi internet. Dengan memasang SSL pada website perusahaan Anda, maka traffic yang masuk dan keluar dari website Anda akan terlindungi dan tidak dapat diintip oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

  1. Lakukan Backup Data: Pastikan untuk melakukan backup data secara berkala agar jika terjadi kehilangan data akibat serangan cyber, Anda masih memiliki cadangan yang dapat dipulihkan.

 

  1. Menggunakan jasa cyber security yang terpercaya: Anda dapat menggunakan jasa cyber security yang terpercaya untuk membantu mengamankan sistem dan data perusahaan Anda dari serangan cyber. Pastikan untuk memilih jasa yang memiliki reputasi yang baik dan menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

Jika Anda tertarik untuk Menggunakan jasa cyber security yang terpercaya, Anda bisa menggunakan Jasa Fourtrezz untuk mengamankan bisnis atau perusahaan anda dari ancaman cyber crime.

Dapatkan info lebih lanjut mengenai pengertian cyber crime dan bagaimana cara menghindari dan mencegahnya, dan berbagai layanan dari FOURTREZZ dengan mengunjungi website kami di www.fourtrez.co.id

 

Andhika R

Andhika R

Digital Marketing at Fourtrezz
Artikel Teratas
Berita Teratas